Install aplikasi ala geek di os x

Seperti halnya distribusi Linux, untuk redhat ada yum, untuk debian ada apt-get atau aptitude, pada os x ada port/macport. Fungsinya sama cuma berbeda dari cara bekerja terhadap dependencies. Port juga mempunyai repository yang berupa berkas dan aplikasi yang siap diinstall. Dengan perintah sudo port install nama-aplikasi, secara otomatis dia akan mendownload dan menginstall, sederhana dan praktis kan?.

Bagi mereka yang terbiasa dengan terminal, atau hidupnya tidak bisa lepas dari terminal seperti saya, mac port ini sangat membantu. Misal butuh library, mengunduh library dari halaman penyedia pasti memakan waktu, lebih singkat kalau pakai port, ini bagi pengguna mac.

Aplikasi ini bisa di unduh pada macports.org, disana juga ada cara instalasinya tinggal klik, sebelum menginstall aplikasi perlu  syncronisasi port ke repository denga perintah selfupdate.

Butuh waktu untuk proses ini, sesuai dengan kecepatan akses internet yang kita pakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>