Kiamat internet?

Baik di media online ataupun milis sedang ramai membicarakan kiamat internet, topik terdahulu adalah kiamat ipv4 sekarang kiamat internet. Ini disebabkan komputer kita terjangkit DNSChanger atau tidak baik PC atau Mac, apakah linux tidak? (dipemberitaan tidak disebut sih). Jika sebuah komputer terjangkit trojan ini, maka dia akan dilarikan ke alamat yang telah disiapkan, semacam alamat palsunya ayu ting-ting. Contoh: kita mau menuju ub.ac.id maka dilarikan ke ub.ac.id yang lain. Emang bisa? kawanan dari Estonia telah merancangnya, tujuannya untuk scam, spam, dan keuntungan finansial.

Kenapa kiamat internet? *agak lebai kalau memakai istilah ini* menurut kabar burung pengadilan memerintahkan FBI untuk mematikan alamat-alamat palsu itu, sehingga komputer yang terjangkit tidak bisa menuju ke alamat tujuan. Fungsi DNS adalah merubah IP ke Alamat. Misal untuk membuka laman site ub, tidak perlu mengetik 175.45.184.70, cukup ub.ac.id, ini manfaat adanya DNS.  Kalau komputer terinfeksi trojan ini ketika ketik ub.ac.id pada browser maka browser tidak bisa menemukan dimana halaman site ub.ac.id. Ini yang dinamakan kiamat internet.

Sebenernya simple tinggal cek apakah DNS kita pakai kita kenali atau tidak, jika tidak bisa-bisa itu adalah DNSChanger. cara lain untuk mengetahui sebuah komputer terjangkit atau tidak dengan mengakses situs ini http://dns-ok.us. Apabila hasilnya berwarna hijau maka komputernya normal, bebas dari DNShanger.

Apalagi jika kita sering instal ulang itu malah sangat-sangat normal. :D

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>